Depan > Index Berita > Kirim Laporan, Cukup Dengan HP
Kirim Laporan, Cukup Dengan HP
Kamis, 18 April 2013

IMG_8722.JPG
 

Sebagai upaya untuk mendukung peningkatan cakupan laporan hasil pelayanan kontrasepsi dari Dokter dan Bidan Praktek Swasta, terutama pelayanan kontrasepi bagi peserta KB baru serta Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran (PP/PK) perlu  dilakukan suatu alternatif mekanisme pelaporan yaitu melalui aplikasi WAP Gateway.  Aplikasi tersebut dapat diakses dengan menggunakan alat telepon “handphone“. Pemilihan alternatif tersebut dengan asumsi bahwa setiap Dokter dan Bidan mempunyai alat komunikasi “handphone”, sebagaimana umumnya di masyarakat.


IMG_8676.JPG
 

Apakah Wap Gateway ? Demikian pertanyaan yang diajukan oleh peserta, sebagian besar merupakan Bidan Praktek Swasta(BPS). WAP (Wireless Application Protocol) adalah suatu protocol aplikasi yang memungkinkan Internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainya. WAP juga membawa informasi melalui Internet langsung menuju ponsel atau client WAP lainnya. Dengan kata lain adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel.


IMG_8724.JPG
 

Dengan penggunaan aplikasi WAP Gateway ini diharapkan laporan pencapaian hasil pelayanan kontrasepsi oleh Dokter dan Bidan Praktek Swasta bisa lebih cepat dan akurat terlaporkan ke semua tingkatan wilayah dan meningkat cakupannya.  Selanjutnya data tersebut dapat lebih optimal pemanfaatannya sebagai bahan dalam menetapkan kebijakan operasional, khususnya dalam meningkatan peranan swasta dalam pelayanan KB.  Pelaporan Hasil Pelayanan Kontrasepsi oleh Dokter dan Bidan Praktek Swasta  melalui aplikasi WAP Gateway.


IMG_8777.JPG
 

Momentum pertemuan teknis pelayanan KB pasca persalinan dan pasca keguguran melalui jampersal yang diselenggarakan oleh Bidang  KB – KR Perwakilan BKKBN Provinsi Banten di 8 Kab/Kota se – Provinsi Banten, dimanfaatkan untuk mensosialisasikan pelaporan menggunakan handphone ini. Sejak bulan Maret lalu di 4 Kabupaten/Kota (Lebak, Pandeglang, Kab. Serang dan Kota Serang), dilanjutkan kembali tanggal 15 – 17 April 2013 di Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Rencananya di akhir April akan mengunjungi Kota Tangerang.


IMG_8671.JPG
 

“Dengan adanya aplikasi WAP Gateway ini pastinya sangat membantu Ibu - ibu Bidan dalam memberikan laporan hasil pelayanan yang telah dilakukan setiap bulannya, caranya pun sangat mudah. Cuma tinggal pencet handphone saja”, jelas Kun Rachmad, pemateri dari Perwakilan BKKBN Provinsi Banten.

 

Kun Rachmad juga menyampaikan tentang penggantian pulsa.  “Tidak perlu khawatir tentang pulsa, untuk pulsa yang digunakan dalam akses aplikasi ini, akan ditanggung sepenuhnya oleh BKKBN. Pulsa akan langsung terisi secara otomatis setiap bulannya. Yang penting Ibu Bidan mau meluangkan waktu sejenak untuk memberikan laporan”, tambahnya.

(KR/Adpin/2013)