Berita: SOSIALISASI PEMBENTUKAN PIK KRR DI PROVINSI BANTEN

Judul

SOSIALISASI PEMBENTUKAN PIK KRR DI PROVINSI BANTEN

Isi

Salah satu kontrak kinerja tahun 2008 yang harus dipenuhi oleh BKKBN Provinsi Banten adalah membentuk 105 PIK-KRR. PIK KRR merupakan suatu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dalam memberikan informasi dan pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membantu problematika yang dialami remaja, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi sehingga mereka mendapatkan informasi yang benar dari tenaga konseling yang terlatih. Selama ini mereka menerima informasi dan menyampaikan permasalahannya dari teman sebayanya yang belum tentu kebenarannya. Oleh karena itu, BKKBN Provinsi Banten melakukan kegiatan Sosialisasi tentang PIK KRR di Kabupaten/Kota.

1. Kota Cilegon
Dilaksanakan kegitan Sosialisasi PIK KRR bagi Guru BP di SMA se-kota Cilegon dan Ka. UPT BPM-KB Kecamatan pada tangggal 12 Maret 2008 bertempat di Gedung PKK kota Cilegon. Kegiatan ini secara resmi di buka oleh Kepala BPM-KB sedangkan kebijakan tentang prog. KRR disampaikan oleh Kepala BKKBN Provinsi Banten. Dari pertemuan ini diharapkan para peserta khususnya Guru BP dapat menindaklanjuti dengan membentuk PIK KRR di masing-masing sekolahnya. Secara teknis proses atau tata cara pembentukan PIK KRR disampaikan oleh Kasi. Jampel BKKBN Provinsi Banten.

2. Kabupaten Lebak
Kabupaten Lebak merupakan satu-satunya yang memiliki kelompok kerja pelayanan KRR di Provinsi Banten. Tugas utamanya adalah memfasilitasi pembentukan PIK-KRR, melakukan advokasi kepada stakeholder dan membangun jejaring kemitraan dengan kelompok/institusi peduli remaja.
Sejalan dengan hal tersebut di atas, maka BKKBN Provinsi Banten bekerjasama dengan POKJA Yan KRR dan Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan, KB, Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BP2KBMPD) melaksakan sosialiasasi PIK-KRR di kabupaten Lebak pada tanggal 18 Maret 2008. Adapun peserta sosialisasi ini terdiri dari berbagai komunitas (spt: LSM, Karang Taruna, Pondok Pesantren, Kelompok Pemusik Jalanan).
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris BP2KBMPD, sedangkan materi sosialisasi disampaikan oleh Kabid. KB KR BKKBN Prov. Banten dan Kabid. KB KR BP2KBMPD Kab. Lebak.
Setelah mengikuti sosialisasi ini para peserta diharapkan para peserta membentuk PIK KRR di tingkat kecamatan.

3. Kabupaten Pandeglang
BKKBN Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinas Kependudukan, KB dan Capil Kab. Pandeglang melaksanakan sosialisasi PIK-KRR pada tanggal 27 Maret 2008 di Rumah Makan Rizky Pandeglang. Adapun pesertanya adalah Ka. UPT, PLKB dan Guru BP dari 17 Kecamatan di Pandeglang.
Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua TP. PKK Kab. Pandeglang dan secara resmi di buka oleh Kepala BKKBN Provinsi Banten. Pemberian materi dalam kegiatan tersebut meliputi: Kebijakan Operasional PIK KRR disampaikan oleh Kabid. KB KR BKBN Provinsi Banten dan TRIAD KRR disampaikan oleh Tim dari KPA Prov. Banten, Polda Banten, dan RSUD Pandeglang.
Dari pertemuan ini diharapkan para peserta dapat menindaklanjuti dengan membentuk PIK KRR di masing-masing kecamatan



Nur Syafitri Staff KB-KR

JudulInggris

 

IsiInggris

 

TanggalBerita

4/3/2008

Attachments

Created at 5/22/2012 5:13 PM by SharePoint Administrator
Last modified at 5/22/2012 5:13 PM by SharePoint Administrator