Artikel: PELAYANAN PRIMA DALAM PELAYANAN PUBLIK

Judul

PELAYANAN PRIMA DALAM PELAYANAN PUBLIK

Isi

Banten, Art.- Pasti semua orang tahu bahwa pelayanan Prima jika diartikan secara harafiah akan berarti pelayanan baik atau pelayanan yg terbaik. Karena yang dibahas saat ini adalah tentang pelayanan, maka sudah tentu pembicaraan itu akan berhubungan dengan â usaha untuk melayani kebutuhan orang lainâ.

Kalau dalam dunia bisnis ( swasta ) pelayanan prima ini merupakan syarat mutlak untuk meraih kesukses-an karena pelanggan akan berpindah ke tempat lain bila dirasakan pelayanan yang diterima kurang bagus.
Jika di swasta pelayanan prima adalah sudah sebagai prasyarat,................ lalu bagaimana dengan pelayanan publik yang ada di pemerintahan ...........................?.

PELAYANAN PRIMA DALAM PELAYANAN PUBLIK

Pelayanan publik itu : âsegala kegiatan pelayanan yg dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan❠( Kep. Menpan No 63/KEP/M.PAN/7/2003 ), atau dapat juga diartikan suatu pelayanan yang dilakukan oleh lembaga âlembaga pemerintah kepada masyarakat.

Pelayanan publik memiliki ciri-ciri yang sebetulnya sama dengan yang ada di dunia usaha yaitu ; âDengan berusaha memenuhi harapan pelanggan dan merebut kepercayaannyaâ, karena kepercayaan dari pelanggan adalah jaminan atas kelangsungan hidup dari suatu organisasi. Dalam pemerintahan rendahnya kepercayaan masyarakat tersebut pasti akan menimbulkan kekacauan yang berkepanjangan yang pada ahirnya menimbulkan banyak kerugian. Oleh sebab itu meskipun dalam pelayanan publik ini tidak ada keuntungan materi yang langsung dapat dinikmati oleh pemerintah , tetapi dengan memberikan pelayanan prima pada setiap pelayanan publik tentu akan mendatangkan keuntungan dalam bentuk meningkatnya kepercayaan masyarakat, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik ( pada gangguan keamanan ) dan juga dapat terciptanya tatanan hidup masyarakat yang berdaya dan mandiri.

Dalam menentukan apakah pelayanan publik yang dilakukan pemerintah sudah dilakukan secara prima, ini memerlukan suatu kajian yang terus menerus, ini sering terjadi bahwa suatu standard pelayanan prima yang dimunculkan oleh pemerintah untuk suatu kebijakan yang dianggapnya sudah sangat baik, ternyata tidak sesuai dengan ukuran baik yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan seringnya melihat kenyataan seperti ini maka pelayanan prima dalam pelayanan publik yang paling tepat adalah pelayanan terbaik pemerintah dan dapat memuaskan masyarakat .

Agar pelayanan publik ini dapat dilakukan secara prima tentu ada beberapa prinsip yang menjadi acuan antara lain :
1. Mengutamakan pelanggan ; yaitu dilakukan dengan memberikan suatu kemudahan dan kenyaman kepada pelanggan, mengutamakan pelanggan external dari pada pelanggan internal dan mengutamakan pelanggan langsung dari pada pelanggan tidak langsung.
2. Sistem yang Efektif ; yaitu pelayanan yang berlangsung dengan tertib dan lancar di mata pelangan, meskipun sebenarnya proses pelayanan itu melibatkan beberapa unit kerja yang berbeda.
3. Melayani dengan hati nurani; Yaitu bahwa dalam melayani pelanggan sikap dan perilaku petugas haruslah baik, artinya bahwa meskipun sarana dan prasarana pelayanan sangat baik , tapi biasanya sikap dan perilaku pelayanan oleh petugas merupakan penilaian yang tidak dapat diabaikan.
4. Melakukan perbaikan yang berkelanjutan; Bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan perlu selalu berkembang dan diperbaruhi agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang semakin tinggi dan beragam.
5. Memberdayakan pelanggan ; Yaitu bahwa pelayanan yang diberikan harus dapat menjadi tambahan sumberdaya pelanggan dalam upaya menyelesaikan persoalannya sendiri.

Dengan demikian berpegang pada 5 (lima) prinsip pelayanan prima ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa Pelayanan Publik yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tentu akan menjadi sebuah wahana untuk menciptakan peta kehidupan masyarakat yang semakin baik di masa yang akan datang.


Oleh ; Endang Sutarti, SE
Widyaiswara Madya
Sumber :
- LAN RI, Operasionalisasi Pelayanan Prima,
Jakarta 2001
- LAN RI, Pelayanan Prima, Jakarta 2005

JudulInggris

 

IsiInggris

 

Kategori

BkkbN

TanggalArtikel

10/6/2008

Attachments

Created at 5/22/2012 5:13 PM by SharePoint Administrator
Last modified at 5/22/2012 5:13 PM by SharePoint Administrator