Artikel: PENGGERAKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI LINI LAPANGAN

Judul

PENGGERAKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI LINI LAPANGAN

Isi

Penggerakan dan Pemberdayaan masyarakat adalah suatu strategi yang sampai saat ini diyakini mempunyai daya ungkit yang tinggi dalam pelaksanaan program KB Nasional. Kita tahu bahwa program â program yang ada dalam Program KB nasional merupakan program kemasyarakatan, yang hasilnya akan maksimal jika masyarakat sendiri ikut bergerak di dalamnya. Oleh sebab itu langkah penting dalam upaya untuk mencapai visi ❠Seluruh Keluarga Ikut KB ❠tentunya dengan melakukan Penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

Secara umum penggerakan masyarakat itu mempunyai makna sebagai suatu upaya yang dilakukan dalam rangka menumbuhkan motivasi pada masyarakat, untuk ikut terlibat secara aktif dalam melakukan upaya-upaya tertentu ke arah perubahan-perubahan yang positif pada diri manusia dan lingkungan sekitarnya.
Dalam melakukan penggerakan masyarakat terdapat prinsip â prinsip yang perlu diperhatikan antara lain ; (1) Program penggerakan itu harus bertolak dari kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat; (2) Diupayakan untuk dapat memperbaiki mutu kehidupan masyarakat tanpa membebani dan meminta pengorbanan masyarakat; (3) Masyarakat mempunyai hak untuk menentukan atau memilih garis hidupnya sendiri; (4) Harus mempertimbangkan nilai-nilai masyarakat; (5)Menolong dirinya sendiri (self help); (6) Masyarakat adalah sumber daya yang terbesar; (7) Program mencakup perubahan sikap dan kebiasaan.
Pada kalimat pemberdayaan ( terjemahan dari buku Osborne dan Gabriel : Reinventing Goverment, 1992 ) mempunyai arti sesuatu peningkatan kemampuan yang sesungguhnya potensinya sudah ada, yang usahanya adalah dari kurang berdaya menjadi lebih berdaya. Dari terjemahan tersebut maka makna yang terkandung tentang pemberdayaan adalah suatu upaya untuk meningkatkan ❠daya ❠yang sebetulnya sudah dimiliki sebelumnya. Daya tersebut dapat berupa kemampuan individu, kewenangan dan juga bisa tanggung jawab yang dimilikinya , oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat adalah suatu upaya untuk lebih memberdayakan ❠daya atau potensi ❠yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri berupa kemampuan, kewenangan dan tanggung jawab.

Proses Penggerakan dan pemberdayaan masyarakat

Dalam melalukan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat yang perlu dilakukan pertama adalah mengenali kondisi dari masyarakat tersebut yaitu dengan :
1.Mengenali karakteristik masyarakat yaitu dengan melihat bagaimana: Kondisi geografisnya, Kesertaan hubungan sosialnya, Sistem kelembagaannya, Kondisi ekonominya, Tingkat pengetahuannya/pendidikannya dan bagaimana Ketaatan masyarakatnya.
Kita ketahui bahwa setiap wilayah itu mempunyai karakteristik yang ber- beda-beda antara satu wilayah dan wilayah lainnya. Dengan demikian maka dalam penggerakan dan pemberdayaan masyarakat tentu harus disesuaikan dengan karakteristik wilayah tersebut, ini dimaksudkan agar dalam penggerakan dan pemberdayaan tersebut nantinya dapat berdaya guna dan berhasil guna.
2. Menggalang kesepakatan dengan berbagai tokoh masyarakat baik formal maupun non formal yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat, bentuk kerjasama nya; bentuk kesepakatan dan tindakan yang akan dilakukan.
3.Mengenali prioritas masyarakat
Dalam penggerakan dan pemberdayaan masyarakat mengenali prioritas masyarakat itu sangat penting dilakukan.
Masyarakat akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dan mengeluarkan daya yang dimilikinya jika kegiatan âkegiatan tersebut merupakan sesuatu yang penting dan dibutuhkan dalam kehidupannya.
4.Kepemimpinan dalam menggerakan masyarakat
Kepemimpinan dalam menggerakkan masyarakat ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin wilayah. Seorang pemimpin yang tidak punya daya kepemimpian yang kuat untuk mempengaruhi masyarakat akat sulit dalam melakukan penggerakan dan pemberdayaan. Oleh sebab itu kepemimpinan ini juga perlu dilihat dalam upaya penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

Setelah mengenali kondisi masyarakat yang ada, maka proses selanjutnya yaitu :
1.Melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat serta lembaga-lembaga masyarakat yang ada, dan melibatkan lembaga dan tokoh-tokoh tersebut dalam kegiatan â kegiatan program.
2.Menfasilitasi masyarakat dalam kegiatan yang dilakukan dengan harapan agar terjadi proses pembelajaran dan juga proses menolong diri sendiri,
3.Menyenggarakan forum pertemuan kelompok-kelonmpok sebagai wahana untuk berdiskusi, saling berbagai pengalaman , mengemukakan masalah dan mencari solusi bersama.
4.Penggalian dan pengembangan potensi masyarakat
5.Penumbuhan dan pembentukan wadah dari kegiatan yang berasal dari pengembangan potensi masyarakat tersebut.
6.Jika Kegiatan Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan di suatu wilayah sebaiknya dilakukan pada cakupan masyarakat yang terkecil.

Bagaimana tahap-tahap pelaksanaan di lapangan ?

Penggerakan dan pemberdayaan Masyarakat di lapangan perlu dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan yaitu :
a.Tahap Penjajagan
Pada awal penggerakan dan pemberdayaan masyarakat tahap penjajagan merupakan tahapan yang penting dilakukan karena dengan melakukan penjajagan maka kita akan tahu apa sebenarnya yang dibutuhkan dan juga potensi apa yang dimiliki oleh masyarakat sehingga dalam melakukan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat akan tepat sesuai dengan apa yang di harapkan. Dalam tahap ini yang dilakukan adalah : Pengenalan Masalah dan Penentuan Prioritas Masalah , Identifikasi Potensi Masyarakat dan Sumber lainnya serta Pemecahan Masalah dan Pemikiran Alternatif Pemecahan Masalah
b.Tahap Perencanaan
Tahap selanjutnya adalah membuat perencanaan kegiatan yaitu dengan membuat rumusan tujuan kegiatan, menyusun rencana kegiatan dan berikutnya melakukan pengorganisasian kegiatan.
c.Tahap Persiapan Pelaksanaan
Tahap berikut yang dilakukan adalah persiapan untuk pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang kegiatan yang akan dilakukan , selanjutnya dilakukan orientasi dan latihan bagi petugas dan selanjutnya menyiapkan fisik dan non fisik untuk melaksanakan kegiatan.
d.Tahap Pelaksanaan Kegiatan di Lapangan
Tahap pelaksanaan kegiatan yang pertama adalah melakukan advokasi kepada penentu kebijakan, Toma-Toga dan komponen masyarakat lainnya yang mempunyai pengaruh dalam keberhasilan kegiatan, selanjutnya dilakukukan KIE dan KIP Konseling, melakukan pemberdayaan institusi masyarakat , dan akhirnya dilakukan pelayanan program.
e.Monitoring dan Evaluasi
Setelah tahapan-tahapan tersebut dilakukan yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi, ini dibutuhkan dalam upaya agar penggerakan dan pemberdayaan masyarakat ini dapat berhasil daya dan berhasil guna, sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah di rencanakan.

Prinsip dan langkah-langkah penggerakan dan pemberdayaan masyarakat ini penting dilakukan dalam pelaksanaan program KB Nasional. Jika penggerakan dan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan tepat sesuai dengan kondisi wilayah yang ada, maka harapan untuk terwujudnya tujuan program KB Nasional kiranya dapat segera tercapai, oleh sebab itu wajib bagi seluruh pengelola program KB Nasional khususnya di lini lapangan untuk mempunyai kompetensi dalam melakukan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat pada setiap kegiatan program.


Endang Sutarti, SE ( Widyaiswara Madya )

JudulInggris

 

IsiInggris

 

Kategori

BkkbN

TanggalArtikel

4/22/2008

Attachments

Created at 5/22/2012 5:13 PM by BKKBN\spAdmin
Last modified at 5/22/2012 5:13 PM by BKKBN\spAdmin