Di Provinsi Banten, Puncak Peringatan Harganas ke-27 Digelar Bersamaan HUT ke-69 IBI

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) hari ini, Senin (29/6/2020), mengelar puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 sekaligus HUT ke-69 Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ditengah Pandemi Covid-19 serta memasuki ‘New Normal’ atau kenormalan baru, peringatan Harganas dilaksanakan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun dalam pelaksanaan Hari Keluarga tahun ini kita laksanakan dengan sederhana akibat pandemi Covid-19, namun banyak hikmah yang tetap harus memberikan manfaat langsung pada keluarga dan masyarakat, salah satunya melalui pelayanan KB Sejuta akseptor serta pemberian layanan jemput bola program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluraga berencanan atau Banggakencana kepada seluruh keluarga di lndonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Aan Jumhana, saat menyampaikan pointer Kepala BKKBN pada upacara puncak peringatan Harganas ke-27, di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Senin (29/6/2020).

Sejumlah Pewakilan Mitra Kerja BKKBN dan Pegawai BKKBN Banten saat mengikuti acara Puncak Peringatan Harganas ke-27 tingkat Provinsi Banten.*

Hadir dalam kegiatan tersebut Mitra Kerja BKKBN, di antaranya IBI Banten, DP3AKKB Provinsi Banten, Dinkes Provinsi Banten, TP PKK Provinsi Banten, APPI Banten, IPeKB, Ikatan PLKB Non PNS, Juang Kencana, dan perwakilan Korem 064/MY Serang serta Mitra Kerja BKKBN lainnya. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan ‘Batik Kencana’ kepada mitra kerja dan pegawai BKKBN.

Aan menyampaikan, tema umum Harganas ke-27 tahun 2020 yakni “Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju lndonesia Maju” dan Tema Khususnya “BKKBN Baru dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir Di Dalam Keluargamu”. Dengan Hashtag #KeluargaHebatTerencana dan #JadiKeluargaKeren.

“Saat ini, BKKBN melakukan rebranding Program dengan nama Banggakencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana). Program Banggakencana harus menjangkau seluruh keluarga Indonesia, termasuk keluarga-keluarga yang’ mengalami kesulitan, terutama di wilayah-wilayah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, kumuh, dan daerah tertinggal lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, Perwakilan BKKBN Provinsi Banten terus berusaha melakukan berbagai inovasi dan terobosan layanan program yang sesuai dengan perubahan lingkungan strategis seperti halnya di masa Pandemi covid-19 ini.

“Dalam Rangkaian Pelaksanaan Peringatan Harganas ke-27 tahun 2020 ini, terdapat beberapa kegiatan dan inovasi yang dikembangkan BKKBN Banten sebagai upaya pemberian layanan secara maksimal kepada keluarga-keluarga di Provinsi Banten. Pada Tahapan Pra Harganas, kita telah mensosialisasikan Konten-konten Informatif seputar Program Banggakencana melalui berbagai saluran media. Konten Informatif ini kita sebut sebagai ‘KOIN KENCANA’ dimana dalam satu hari kerja, sebanyak 3 (tiga) konten informatif yang kita informasikan melalui media sosial (Medsos) seperti Facebook, Instagram, dan Youtube,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Aan Jumhana menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua IBI Banten, Hj Yani Purwasih.*

Aan mengatakan, pada puncak peringatan Harganas ke-27 ini, ada sesuatu yang luar biasa. Selain kita peringati Perayaan Hari Keluarga, Mitra kerja BKKBN yakni Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga merayakan HUT ke-69 tanggal 24 Juni lalu.

“Kami berharap, IBI dan BKKBN tetap jadi mitra yang harmonis, bergerak bersama dan melayani masyarakat bersama sesuai dengan slogan ‘Ada Bidan Ada KB, Ada KB Ada Bidan’. Selamat HUT ke-69 Ikatan Bidan Indonesia, semoga tetap jadi organisasi Profesi terdepan dalam memberikan layanan program, khususnya program-program kesehatan,” ujarnya.

Aan mengatakan, hari ini Senin (29/6/2020), PD IBI Provinsi Banten bersama BKKBN menggelar Bakti Sosial memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk Pelayanan KB, Pelayanan atau Pemeriksaan IVA dan Papsmear, serta layanan konsultasi dan konseling dengan mobil Curhat Keluarga serta pemberian sembako. Kegiatan ini merupakan bentuk penggarapan operasional bersama dalam mencegah putus pakai alat kontrasepsi keluarga berencana atau ‘Gerai Kencana’ untuk mendukung pelayanan sejuta akseptor yang dicanangkan BKKBN Pusat.

“Khusus untuk kegiatan ‘Gerai Kencana’ hari ini, Senin (29/6/2020), kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kepada IBI Banten, khususnya jejaring Praktek Mandiri Bidan (PMB) yang telah memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Banten,” pungkas Aan.

Perwakilan Mitra Kerja BKKBN foto bersama Kepala Perwakilan BKKBN Banten usai menerima Batik Kencana.*

Sementara itu, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Banten, Hj. Yani Purwasih menyampaikan terimakasih kepada BKKBN Provinsi Banten karena tahun ini IBI dan BKKBN merayakan ulang tahun bersama. Ia mengatakan, IBI Banten sangat mendukung kegiatan-kegiatan BKKBN karena dari awal pihaknya bersama BKKBN sudah sering melakukan kegiatan-kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Hari ini, Senin (29/6/2020), di Sekretariat IBI Banten dan di seluruh Praktek Mandiri Bidan (PMB) se-Banten, mengadakan pelayanan KB serentak secara gratis atas partisipasi BKKBN,” ujar Yani.

Ia mengungkapkan, IBI Banten mempunyai anggota sebanyak 7.569 bidan yang tersebar di 4 kabupaten dan 4 kota di Provinsi Banten dengan Sekretariat berada di Kota Serang. Ia mengatakan, pihaknya dari dulu sangat mencintai KB dan memiliki yel-yel ‘Ada KB Ada Bidan, Ada Bidan Ada KB’.